Karir Sendiri-Bisnis Mandiri Tidaklah Sulit

 

 

Namun membuat keputusan untuk bersolo karirlah yang tidak mudah.. Apalagi sudah terbisa pekerjaan ada yang mengatur dan jujur saja penghasilannya lumayan. Tapi jika kamu sudah memilih dan memutuskan untuk bersolo karir dan membuat bisnismu sendiri. SELAMAT.!! pemikiran kamu sudah one step ahead dari teman kamu yang masih disitu-situ aja. Bukan berarti kamu keluar dari zona  nyaman kamu yahhh,, kamu hanya memperluas zona karirnyaman kamu.

 

 

Karir dimulai dengan mempersiapkan terlebih dahulu mental kamu. Siapkah kamu untuk mengenal dunia luar yang kamu bilang sempit itu? Bersediakah kamu menerima semua resiko yang mungkin akan datang untuk kamu? Ingat ini baik-baik.

Tidak mencoba  = 0% kamu berhasil dan 100% kamu gagal

Mencoba = 50% kamu berhasil dan 50% kamu gagal

Jadi jangan pernah berharap karir kamu akan berhasil 100% dengan satu kali percobaan, inget… kamu bukan anak cenayang.!!

Setelah kamu mantepin hati kamu, Selanjutnnya :

A. Pilih Karir

Bisa jadi tahap ini adalah tahap tersulit untuk kamu yang benar-benar baru mau memulai untuk bersolo karir. kenapa aku bilang begitu? Karena ditahap inilah kamu harus mengenali dirimu sendiri terlebih dahulu dan memahami segala potensi yang ada pada diri kamu untuk menjalankan bisnis. Kemudian kamu dituntut untuk mempunyai rencana/gambaran/bayangan apa yang harus kamu terapkan dalam bisnis kamu. Dan pemilihan bisnis ini harus tepat. Karena nantinya kamu dituntut agar setia pada pilihan bisnis kamu saat bisnis itu diambang kehancuran atau justru diproses awal pertumbuhan. Butuh kesetiaan dari pencipta bisnis itu sendiri, Jadi kamu harus mantep dulu nih.

 

B.  Menumbuhkan Karir

Karir yang telah kamu tentukan harus segera kamu kembangkan dan tumbuhkan dimana saja tempat yang kamu inginkan. Jangan kasi kendor untuk setiap kesempatan yang kamu punya untuk bisnis kamu. Ini  bukan sekedar materi yah, waktu dan perhatian kamu harus sepenuhnya dengan karir baru kamu. Kamu tidak bisa menjadi serakah ketika kamu berpikir untuk mempunyai karir sendiri tetapi masih terikat dengan karir yang lain, dengan kata lain kamu masih bekerja untuk orang lain sedangkan kamu juga harus memperhatikan karir kamu.

 

C. Merawat Karir

Yang harus kamu lakukan adalah merawat karir kamu seperti bayi kamu sendiri. Mereka tidak bisa berbicara maunya apa, jadi harus kita yang peka. Cintai karir kamu seolah dialah bayi kamu yang harus kamu besarkan. Berikan waktu kamu seutuhnya untuk karir kamu, karena kamu tidak tahu kemungkinan apa yang akan terjadi pada karir kamu saat kamu lengah. Berhati-hati saat mengambil keputusan. Yang terpenting,  berhati-hati untuk percaya dengan sesorang yang ingin ikut serta menggendong karir kamu, kamu tidak akan tahu jika dia bisa saja membawa karirmu pergi atau menjatuhkannya. Persis seperti bayi, karir sangat sensitif tapi akan sangat berkembang seperti apa yang kamu mau jika kamu tekun dan merawatnya sepenuh hati. Semuanya bisa kamu lakukan. Semua orang bisa bersolo karir, semua bisa berbisnis sendiri, bukan karena faktor keturunan yah…!! Kalo kamu pernah gagal dalam bersolo karir coba kamu  berkaca apa yang kamu lewatkan.

 

 

Pada post kali ini, cukup ini aja yang aku bahas. Dasar-dasar yang harus kamu pahami dan persiapkan terlebih dahulu. Next post akan aku bahas, bisnis-bisnis apa saja yang sederhana dan mungkin bisa kalian lakukan. jadi pantengin terus ya http://awesomejeje.com/2018 . Selamat mencoba 🙂