Target sudah kamu tentukan, lalu apa lagi?

Klik disini kalau males baca.

TARGET…Jika kamu membaca tentang cara menentukan target dalam marketing di postingan aku sebelumnya (Klik disini untuk melihat postingan sebelumnya). Kali ini aku akan bahas langkah selanjutnya yang harus dilakukan.

Ngomong-ngomong nih. Setelah kita tahu siapa target empuk yang akan diraih, tentu kita harus punya keunikan yang lain dari pada yang lain untuk mengikat pelanggan yang kita targetkan. Kita sebut dengan USP (Unique Selling Proposition)

Jelas halnya USP menjadi sangat penting dalam dunia marketing karena akan menjadikan kita berbeda dari pesaing. Daya jual yang akan menarik pelanggan agar datang kepada kita karena kita mempunyai nilai lebih atau unggul atau berbeda dari yang lain.

Tentukan USP dengan hati-hati karena USP akan dipakai seterusnya, bukan saat promosi saja. Buat target tertarik dan mau menjadi pelanggan, karena kita mempunyai USP yang unik dan pesaing tidak melakukan hal yang sama/susah ditiru.

Singkatnya,

-Apa sih yang spesial dari kita?

-Kenapa pelanggan  harus memilih kita bukan yang lain?

-Apa yang membuat kita berbeda?

 

Jika kamu tidak mempunyai USP saat ini, mungkin inilah jawaban yang kamu cari kenapa kamu susah mendapatkan pelanggan.

Perlu kamu ingat beberapa hal dibawah ini jika kamu memilih USP

  1. Saya menawarkan harga yang murah atau terjangkau. ( mungkin bisa jadi USP, tapi harga tidak cukup unik untuk kamu jadikan daya jual, ditempat lain bisa saja lebih terjangkau)
  2. Pelayanan ramah. (ditempat lain juga ramah)
  3. Lokasi strategis (ini bukan hal yang unik)
  4. Mudah dijangkau (bukan lagi jadi incaran kalau bukan emergency)

Beberapa contoh diatas adalah hal yang tidak cukup kuat untuk di jadikan USP, jika kamu sudah mulai berpikir  apa sih yang membuat bisnismu unik dari yang lain?. Mulailah berpikir diluar garis standar dan jangan takut. Pengorbanan yang besar mendatangkan hasil yang besar. Jangan tanggung-tanggung.

 

2 replies

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] kita sebut dengan sales skill. Kenapa demikain? Setelah kamu memahami postingan aku sebelumnya  (klik disini). Kali ini akan aku teruskan, yang harus kamu miliki adalah keterampilan dalam menjual, bagaimana […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *