Tes Seleksi Pramugari/a Horror??

Masih takut dan ngga ngerti gimana si untuk ikut seleksi. Gampang banget!! ada 2 metode, yang pertama datang untuk seleksi langsung, yang kedua ada pendaftaran online.

Tapi kali ini aku mau sharing pengalaman aku saat pertama kali daftar dan ikut seleksi pram

ugrai yang walkinterview langsung yahh,, karena itu yang bikin deg-degan. no worries..!!

waktu itu aku masih  awam banget, aku datang ke Jakarta bareng temen dan ngga ada sanak saudara disana. Uang kita juga pas-pasan banget. Aku mendaftarkan diri di 2 airlines yang berbeda dalam satu waktu. Tentunya keduanya mempunyai tahap seleksi yang berbeda, walaupun sama-sama airline dalam negeri. Aku cerita salah satu yang paling simple dulu yah.

Singkat cerita sebelumnya aku pelajari dulu persyaratan yang diedarkan pihak maskapai, dari mulai dokumen, atribut dan yang paling penting kapan dan dimana seleksi itu dilakukan,

sooo aku udah ada persiapan matang. Jelas! karena aku pengen dapetin kerjaan itu, kalian juga kan?

Berikutnya, aku pelajari kemungkinan-kemungkinan pertanyaan yang akan diajukan pada sesi interview pertama. Pertanyaan umum yang biasa ditanyakan, contoh nama bandara di Indonesia, history dari maskapai (bisa meliputi siapa CEO saat ini, berapa pesawat yang beroperasi, jenis pesawat yang beroperasi, penghargaan apa yang sudah didapat maskapai sampai detik ini, dll). kamu hanya perlu baca, ngga perlu dihafal, tidak sesulit yang dibayangkan kok, juga ngga semua ditanya.

Karena pada seleksi awal tentunya yang di tes adalah

  1. Tinggi dan berat badan, harus ideal (jangan takut dengan angka yah,, kurang atau lebih asal dilihat proporsional masih bisa kok, jangan kecil hati)
  2. Performance kamu ketika pertama kali dilihat oleh tim seleksi, dari atas kepala hingga ujung kaki (jadi, pakai baju yang sesuai persyaratan yah, rapi dan wangi
  3. Cara jalan kamu, harus sesuai
  4. Etika saat mengikuti seleksi juga dinilai tanpa kamu tahu, jadi ramahlah kesemua orang yang kamu temui disana.

Lolos tes pertama, biasanya akan  diumumkan siapa yang lanjut atau tidak. Setelah lanjut, kemudian pengumpulan dokumen yang tadi kita bawa. Dan tunggu sampai tes selanjutnya,

Aku di panggil untuk masuk ke sebuah ruangan, 5 orang sekali masuk.

-memperkenalkan diri dalam bahasa inggris.

-melepas high heels yang kita gunakan(untuk perempuan ya, cowo jangan pake high heels)

-memutar badan

-berjalan

-mengangkat kedua tangan

Sambung tes berikutnya bila lolos, nomor kita pasti dipanggil untuk masuk kedalam ruangan kelas, dimana aku diharuskan untuk berkelompok diskusi dengan orang yang baru kita kenal untuk mendiskusikan suatu tema yang diberikan oleh tim seleksi.

Lanjut ke tes berikutnya, satu persatu kadidat dipanggil masuk kedalam ruangan, kali ini lebih personal. satu lawan satu. hehe. Saat itu tim seleksi aku baik  banget. sebut saja ini tahap wawancara namun dihadapkan pula tes psikologi singkat, aku ditanya mengenai perusahan itu, kenapa pilih untuk mendaftar di perusahaan itu, apa motifasinya, dan kenapa pengen jadi pramugari. ada pula tes tertulis mengenai perhitungan matematika sederhana, pengetahuan umum seputar penerbangan, logika dan gambar. dan masih beberapa lagi.

Hari itu tes dilakukan dalam waktu satu hari, dari pagi sampai sore hari. Jadi usahakan bawa bekal yah, paling penting air minum. Kemudian hasil dari seleksi hari itu diumumkan melalui email atau nomor hp, jadin pastikan nomor dan alamat email pada CV sudah benar yah.!

Setelahnya, aku dapat SMS dan email untuk pantuhir dari maskapai tersebut.

Jangan pernah takut mencoba, karena kamu tidak tahu apa yang direncanakan oleh Tuhan. Terus mencoba pantang menyerah, yakinlah hasil tidak akan pernah menghianati usaha 🙂

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *