Cara Memulai Bisnis

Klik disini kalau males baca.


Cara memulai bisnis mungkin akan membingungkan bagi pemula. Bisnis menjadi pilihan saya, bila kalian sudah membaca artikel saya sebelumnya mengapa saya meninggalkan pekerjaan sebagai Pramugari dan lebih memilih bisnis yang harus saya mulai dari NOL. Kali ini artikel akan melanjutkan bahasan yang lebih detail. Artikel ini mungkin panjang dan membosankan, tapi ini penting.

Setelah kalian menentukan bisnis yang kalian  inginkan, dan dirasa cocok untuk diri kalian. Hal kedua yang harus kalian lakukan adalah promosi/marketing. Pertanyaannya adalah bagaimana caranya berpromosi?

Nahh,, sebelum berpromosi mungkin banyak yang terlewat dengan hal yang satu ini. Hal terpenting sebelum memulai promosi adalah MENENTUKAN TARGET PELANGGAN(target avatar).  Sudahkah kalian melakukannya? atau sembarangan menyebar iklan? saya yakin bila sembarangan menyebar iklan, modal untuk promosi akan terbuang sia-sia. Dan, bagaimanakah cara menentukan target pelanggan itu??, Sebelumnya saya jelaskan dulu, apa itu target pelanggan menurut versi saya, kalimat sederhananya adalah ‘ menggambarkan ciri-ciri calon pelanggan yang berpotensi tinggi untuk menjadi pelanggan dalam bisnis kalian’ . Sampai disini paham? jika tidak, kalian bisa mengulangi untuk membaca paragraf ini.

Lalu, cara menentukan target pelanggan itu gimana caranya? untuk melakukannya saya akan kasi contoh saja. Supaya  lebih mudah dimengerti.

Saya mempunyai bisnis rental motor di Bali. Target pelanggan saya ciri-cirinya adalah

  1. Dia adalah pendatang (kenapa? karena mereka tidak mempunyai motor di Bali)
  2. Dia adalah pendatang dengan tujuan liburan (kenapa? karena mereka tidak perlu membeli motor di Bali, dan akan kembali ke tempat asalnya setelah selesai liburan, jadi mereka hanya perlu merental saja)
  3. Dia adalah orang dengan usia 18-40 tahun (kenapa? karena usia  tersebut kebanyakan sudah bisa mengendarai motor dan sudah punya SIM)
  4. Dia adalah orang yang bepergian sendiri atau berpasangan (kenapa? karena bepergian sendiri akan lebih hemat menyewa motor, lebih cepat/tidak kena macet, dan tidak ribet. lebih membutuhkan motor dari pada mobil)
  5. Dia adalah laki-laki (kenapa? karena pengguna motor dijalan kebanyakan laki-laki, bukan berarti perempuan tidak. namun laki-laki lebih banyak. dan perempuan lebih banyak menggonceng saja. atau perempuan dengan tujuan liburan ke Bali terutama, mereka akan lebih memilih macet-macetan pake mobil asalkan tampilan mereka tetap OK ketimbang kucel naik motor.)
  6. Dia adalah tarveler sejati yang suka dengan tempat wisata yang tersembunyi atau extream (kenapa? jelas, motor lebih mudah untuk menjangkaunya, lebih praktis)
  7. Dia adalah orang yang tidak suka macet (kenapa? motorlah solusinya)
  8. Dia adalah orang yang liburan jangka lama (kenapa? uang akan cepat habis untuk transportasi lain, motorlah yang paling irit)
  9. Dia adalah orang yang menghormati sesama, cinta lingkungan, dan agama(kenapa? motor yang dirental tidak akan cepat rusak, karena dia pasti hati-hati dalam penggunaanya.
  10. Dia adalah orang yang bekerja (kenapa? karena mereka punya uang untuk budget ini)

 

Contoh nyata saja, kalian jalan di mall dengan banyak SPG yang menawarkan HP. Yang mereka tawari adalah orang yang terlihat bersih, rapi, kelihatan punya uang, kelihatan punya kerjaan, tengok kanan kiri seperti sedang mencari HP baru. Bukan anak kecil yang sedang di mall juga, atau orang yang datang ke mall dengan pakaian sederhana dan terlihat buru-buru yang mungkin hanya perlu membeli minyak goreng saja.

Inilah promosi yang tepat dan harus dilakukan. Berpromosi kedapa orang yang tepat. Jadi singkirkan kata “ahh kan bisa saja, yang sewa rental motor itu perempuan, bisa aja orang yang punya anak, bisa apa aja” . BENAR, memang bisa siapa saja,tapi lihatlah dengan jeli yang mana yang menghasilkan uang lebih banyak!! karena kalian tidak mau kan modal promosi kalian terbuang percuma untuk orang yang berpotensi kecil untuk menjadi pelanggan kalian, atau mampir ke bisnis kaliann untuk sekedar tanya-tanya aja. Pertama modal kalian habis, kedua waktu kalian terbuang untuk nanggepin orang yang tidak berpotensi menjadi pelanggan kalian. Tau kan, promosi itu pakai modal juga? untuk masalah pelanggan bisa siapa saja, itu urusan belakangan. Kalian harus mulai mentargetkan bila ingin mulai berpromosi.

Selanjutnya anda bisa memulai promosi, bagaimana caranya? simak artikel selanjutnya, atau bisa langsung ngobrol dengan saya di facebook Jefriana Dwi Ningrum

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *